Pemerintah Kejar 189 Juta NIK yang Berhak Terima Subsidi LPG 3 Kg

Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membeberkan terdapat 189 juta nomor induk kependudukan (NIK) yang berhak menggunakan LPG 3 kg. Namun, hingga kini tercatat baru ada 31,5 juta NIK yang terdaftar di sub penyalur atau pangkalan resmi LPG 3 kg.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan pemerintah berkomitmen melanjutkan penyaluran LPG 3 kg bersubsidi secara tepat sasaran. Salah satunya dengan melakukan transformasi subsidi LPG 3 kg dari yang sebelumnya berbasis pada komoditas menjadi langsung ke orang secara bertahap.

“Pertama adalah pendataan, akan dilakukan sistem yang sudah siap sekitar 189 juta NIK sudah masuk, yang transaksi 31,5 juta, kita akan progres terus baik pangkalan yang melakukan penjualan maupun masyarakat yang akan membeli, sementara di pangkalan akan dibantu sampai ke pengecer ya,” kata Tutuka dalam Konferensi Pers, Selasa (16/1/2024).

Tutuka optimistis melalui skema seperti ini maka penyaluran LPG 3 kg akan lebih tepat sasaran. Dengan begitu, hal tersebut dapat menurunkan konsumsi LPG 3 kg yang selama ini cukup tinggi.

Sebelumnya, Tutuka memerinci bahwa konsumen yang berhak menggunakan LPG 3 kg antara lain adalah rumah tangga sasaran, usaha mikro sasaran, nelayan sasaran, dan petani sasaran.

Ia pun menegaskan bagi masyarakat yang ingin membeli LPG 3 Kg untuk dapat melakukan registrasi ke Pertamina terlebih dahulu. Pasalnya, apabila tidak terdaftar maka pembelian LPG 3 Kg tidak akan dilayani.

“Pelaksanaan transformasi subsidi ini, kita canangkan tahun ini. Bagi yang belum terdaftar tidak bisa membeli kecuali mendaftar dulu ada proses pendaftaran mohon Pertamina fasilitasi ini sampai semuanya terdaftar,” kata Tutuka.

Di samping itu, kewajiban pendaftaran bagi konsumen pengguna LPG 3 Kg juga mempertimbangkan beberapa hal. Misalnya mempertimbangkan penjualan LPG non-public service obligation (non-PSO) atau non-subsidi yang semakin lama semakin mengecil, sementara penjualan LPG PSO semakin lama semakin besar. https://pembangkitkuku.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*