Besok, Jokowi Groundbreaking Gudang Logistik Hingga Studio RRI di IKN

Presiden Joko Widodo meninjau progres pembangunan Hotel Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Rabu, (20/12/2023). (Dok. Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan peresmian pembangunan atau groundbreaking 10 proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, besok. Hal itu diungkapkan Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono dalam konferensi pers, Selasa (16/1/2024). 

“Kalau tidak aral melintang, bapak presiden akan bicara kepada bangsa pertama kali melalui jaringan radio (RRI) di IKN,” kata Agung.

Tidak hanya Jokowi, Agung juga mengungkapkan Menteri BUMN Erick Thohir akan hadir dalam peresmian pembangunan 10 proyek di IKN. Sebab, proyek yang akan dibangun itu berasal dari unsur perusahaan BUMN, swasta, hingga porsi pemerintah.

Ia menjabarkan, dua proyek BUMN yang dibangun adalah Nusantara Logistic Hub milik PT Pos Indonesia dan studio siaran radio milik RRI.

“Stasiun radio di IKN lokasinya di kawasan hunian pekerja konstruksi,” kata Agung.

Sedangkan dari investasi swasta, ada empat proyek yang akan dibangun. Mulai dari area pergudangan milik SUN Hub, hotel bintang 5 milik Jambul Wuluk Hotel & Resorts, green pesantren milik BenihBaik.com, dan area pergudangan Nusantara Warehouse Park.

“Dengan adanya SUN Hub dan Nusantara Warehouse Park menunjukkan logistik menjadi tema groundbreaking kali ini bersama dengan PT Pos Indonesia,” kata Agung.

Selain itu, Agung juga menjabarkan beberapa proyek yang pendanaannya berasal dari APBN. Seperti Kantor Otorita IKN, masjid negara, memorial park atau Beranda Nusantara, hingga kantor Lembaga Penjamin Simpanan.

Untuk diketahui total nilai investasi di IKN hingga tahun 2023 mencapai Rp 41,45 triliun. Sebelumnya sudah ada pembangunan istana kepresidenan, kantor menteri, super block, hotel bintang 5, rumah sakit, hingga sekolah swasta yang sudah dibangun. https://berdasarkanapa.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*