Siapa Pemilik Burger King yang Disukai Prabowo Subianto?

Jakarta, CNBC Indonesia – Sesuai namanya, restoran Burger King menyajikan burger sebagai menu andalan. Meski begitu, burger yang disajikan memiliki ragam varian berbeda yang bisa memanjakan lidah konsumen.

Atas dasar inilah, Burger King disukai banyak orang, termasuk di Indonesia. Bahkan, di Indonesia, calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto.

“Saya bukan anti-Barat. Saya sebetulnya sangat cinta sama Barat, masalahnya kadang-kadang Barat tidak cinta sama kita. Aku suka makan Burger King,” katanya, dalam acara Dialog Kadin, akhir pekan lalu.

Lalu, siapa pemilik Burger King?

Dikutip dari berbagai sumber, Burger King adalah restoran cepat saji yang berdiri pada 1954, di Miami, Amerika Serikat (AS). Pendirinya adalah dua alumni Cornell University, James McLamore dan David Edgerton.

Kebiasaan orang AS menyantap burger lantas menjadi berkah tersendiri bagi Burger King. Tak butuh waktu lama, lima tahun setelahnya, Burger King membuka cabang baru dengan sistem franchise.

Kesuksesan pun terus terlihat di restoran tersebut. Lalu empat tahun kemudian, cabangnya sudah ada di luar AS, yakni di Puerto Rico.

Seiring waktu, Burger King mengubah peta jalan manajemen. Pada 1967, James McLamore dan David Edgerton menjual perusahaan ke Pillsbury Company.

Di tangan pemilik baru, datang eks-bos McDonald’s, pesaing utama Burger King di jajaran manajemen. Sejak itulah, terjadi transformasi besar-besaran di tubuh Burger King.

Semua menu dan sistem manajemen diperbaharui. Cabangnya pun semakin tersebar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Di Indonesia, Burger King pertama kali masuk di tahun 1980-an. Namun, perjalanannya berhenti di tahun 1998 imbas krisis moneter.

Burger King baru ada lagi di Indonesia satu dekade kemudian atau tahun 2007. Kembalinya Burger King di Indonesia berada di bawah bendera PT Sari Burger Indonesia yang merupakan bagian dari Grup Mitra Adiperkasa (MAP). 

Sampai sekarang, status kepemilikan Burger King di Indonesia masih dipegang oleh MAP. Sedangkan, kepemilkannya secara global berada di bawah induk Restaurant Brands International. https://kebayangkali.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*