Benahi Birokrasi, RI Tiru Negeri Para Raksasa Ini!

Jakarta, CNBC IndonesiaKementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) meniru sejumlah negara dalam melakukan digitalisasi birokrasi. Salah satu negara yang menjadi contoh adalah birokrasi digital di Estonia.

“Kita meniru beberapa negara, saya contohkan Estonia,” kata Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini dalam acara Taspen Day, Selasa (16/1/2024).

Estonia merupakan sebuah negara yang ada di Eropa Timur. Estonia dikenal sebagai salah satu negara dengan birokrasi digital terbaik di dunia. Mayoritas warganya juga sangat melek teknologi, selain rata-rata tinggi badan warganya 175,13 cm adalah peringkat ketiga tertinggi di dunia.

Rini mengatakan di Estonia, website layanan publik tidak lagi berorientasi pada lembaga, melainkan pada layanan yang dibutuhkan masyarakat. Dia mencontohkan apabila membuka website lembaga di Estonia, maka yang paling ditonjolkan bukanlah profil pejabatnya, melainkan layanan kebutuhan masyarakat.

“Jadi kalau di Estonia, itu tidak keluar nama atau gambar kepala dinasnya atau menterinya, tapi lebih menggambarkan kebutuhan dari masyarakat itu,” kata dia.

Rini mengatakan model layanan digital seperti itulah yang ingin ditiru oleh Indonesia. Menurut Rini, dengan model layanan publik itu, maka jumlah website atau aplikasi layanan publik tidak akan terlalu banyak.

“Kami ingin mendorong kepada citizen-sentris atau kebutuhan masyarakat. Kami harap layanan masyarakat bisa lebih cepat dan murah,” kata dia.

“Transformasi digital ini penting karena ke depan kita ingin di portal layanan itu bukan lagi nama-nama kementerian, ke depan kita sedang siapkan portal layanan publik kita itu harus berdasarkan kebutuhan dari layanan,” kata dia melanjutkan.

Untuk mencapai tujuan itu, Rini mengatakan saat ini kementeriannya sedang membangun infrastruktur digital dasar layanan publik. Infrastruktur dasar itu , kata dia, adalah identitas digital dan pembayaran digital. Ke depannya, Rini mengatakan hanya akan ada 9 layanan prioritas meliputi pendidikan, kesehatan, bantuan sosial dan kepolisian. https://ujiemisiapel.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*