Terungkap, Ini 5 Alasan Durian Dijuluki Sebagai Raja Buah

Jakarta, CNBC Indonesia – Durian adalah salah satu buah favorit masyarakat Indonesia. Buah berduri yang memiliki aroma menyengat ini sangat mudah ditemukan di Asia Tenggara, seperti Thailand, Indonesia, Malaysia, Filipina, hingga Vietnam.

Buah dengan nama latin Durio zibethinus ini digemari oleh sebagian besar masyarakat Asia Tenggara karena memiliki tekstur dan rasa yang dinilai unik. Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang merasa bahagia jika menemukan durian.

Meskipun termasuk buah musiman yang hanya bisa ditemukan saat musim panen dan memiliki harga yang cenderung mahal, durian tetap menjadi king of fruits atau raja buah. Terlebih, keberadaan durian hampir selalu menjadi incaran banyak orang.

Sebenarnya, apa alasan durian dijuluki sebagai raja buah?

Melansir dari laman Foodfarm Hub, ada lima alasan yang membuat durian meraih gelar raja buah oleh masyarakat dunia, yakni rasa, aroma, dan bentuk yang unik, manfaat durian, hingga tingkat permintaan yang tinggi. Berikut ulasannya.

1. Rasa Durian yang Unik
Durian memiliki rasa khas yang tidak seperti buah lainnya. Rasanya yang creamy, manis, dan gurih menjadi salah satu alasan mengapa durian sangat digemari.

“Begitu Anda mencicipinya, Anda akan mengerti mengapa durian dicari selama berabad-abad,” tulis Foodfarm Hub, dikutip Selasa (16/1/2024).

Menurut Foodfarm Hub, durian adalah buah yang serbaguna dan bisa digunakan dalam berbagai masakan, baik manis maupun gurih. Buah ini juga disebut menginspirasi banyak hidangan dan hidangan lokal, seperti permen durian, makanan ringan, hingga kue.

2. Bentuk yang unik
Bila dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, durian punya bentuk dan tampilan yang unik. Ciri khas durian yang paling menonjol adalah kulitnya memiliki duri berwarna kuning kehijauan, tebal, dan cukup tajam. Selain itu, bentuknya yang bulat dan besar membuat durian mudah ditemukan.

3. Manfaat Durian
Tidak hanya lezat, durian juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Durian terkenal mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan. Selain itu, durian juga dikenal sebagai sumber serat yang baik dan dapat membantu pencernaan.

Durian juga dikenal memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis, seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes. Lalu, durian juga baik untuk kesehatan tulang karena merupakan sumber kalsium yang baik.

4. Permintaan Durian yang Tinggi
Durian adalah salah satu “makanan pokok budaya”. Maka dari itu, tak heran jika durian memiliki permintaan yang tinggi, terutama di Asia Tenggara. Saat peak season, harga durian cenderung meroket seiring dengan tingginya permintaan.

Selain di Asia Tenggara, durian juga diekspor ke seluruh dunia karena ada banyak negara yang mengimpornya. Namun, ekspor dan impor durian mengalami pembatasan ketat karena baunya yang menyengat.

5. Aroma Durian yang Unik
Durian terkenal dan mudah dikenali karena memiliki bau yang menurut sebagian orang sangat menyengat dan tidak sedap. Di beberapa negara, durian dilarang memasuki transportasi umum dan hotel karena baunya sangat menyengat.

Meskipun memiliki aroma yang dinilai mengganggu, uniknya masih banyak masyarakat yang tetap menggemari dan mendambakan rasa durian. https://bukanlah.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*