Nasib Manusia di Ujung Tanduk, Ratusan Profesi Diramal Punah

Jakarta, CNBC Indonesia – Pengembangan Artificial Intelligence diikuti dengan dampaknya pada pekerjaan manusia. Salah satunya juga diramalkan oleh Dana Moneter Internasional (IMF).

Direktur Pelaksana, Kristalina Georgieva memperkirakan AI akan mengendalikan 40% pekerjaan manusia. Negara-negara maju akan merasakan lebih banyak manfaat dan risiko dari teknologi AI ketimbang mereka yang ada di negara berkembang.

“Negara-negara maju akan menghadapi risiko lebih besar dari AI, namun juga peluang lebih banyak untuk manfaatnya, dibandingkan negara berkembang,” kata Georgieva dikutip dari Insider, Senin (15/1/2024).

AI akan berdampak pada pekerjaan dengan keterampilan tinggi. Lebih dari setengahnya, sekitar 60%, pekerjaan di negara maju yang akan terdampak teknologi canggih itu.

Menurutnya, AI akan memberikan berbagai dampak. Mulai dari meningkatkan produktivitas dan sisi lain juga bisa menghilangkan sebuah pekerjaan.

“Sekitar setengah pekerjaan akan mendapatkan manfaat dari integrasi AI, menjadi lebih produktif. Untuk setengah lainnya, aplikasi AI akan menjalankan tugas utama yang sekarang dilakukan manusia, ini akan menurunkan permintaan tenaga kerja, membuat upah menurun dan mengurangi perekrutan,” jelasnya.

“Pada kasus yang ekstrem, beberapa pekerjaan mungkin akan menghilang,” ungkap Georgieva menambahkan.

Pembuat kebijakan diminta bersiap dengan risiko AI. Termasuk juga meminta mengadakan program pelatihan bagi mereka yang rentan terkena dampak perkembangan teknologi tersebut.

“Menerapkan jaring pengaman social dan menawarkan program pelatihan untuk pekerja yang rentan.” jelasnya.

Dampak AI juga pernah diungkapkan Goldman Sachs. Dalam laporan bulan Maret 2023 lalu, sekitar 300 juta pekerjaan kemungkinan akan terganggu karena AI.

Sementara menurut wakil presiden LinkedIn Annesh Raman, AI akan mengurangi nilai pada keterampilan teknis. Keberadaannya akan membuat fokus tertuju pada soft skill. https://gitarisgila.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*